Breaking News
Home / Blog / Bagaimanakah cara kerja server pulsa?
@000

Bagaimanakah cara kerja server pulsa?

Anda mempunyai usaha jual pulsa elektrik. Anda membeli pulsa elektrik dari distributor dalam bentuk chip Mkios, SEV, Simpati Autorefill, Dompet Pulsa atau dari pengusaha isi pulsa / sub distributor lewat SMS dan kemudian anda mengecerkannya kembali ke toko-toko Hp/pengecer pulsa elektrik.

Konter/Toko/pengecer pulsa elektrik itu menaruh deposit sebelum memulai transaksi. Dalam pemesanannya konter/toko/pengecer pulsa elektik itu mengirimkan pulsa SMS dalam format tertentu dan Anda memprosesnya secara manual.

Karena proses manual tersebut mengandalkan tenaga manusia yang rentan terhadap kekeliruan maka Anda membutuhkan komputer dan software yang berfungsi menggantikan operator sehingga fungsi menerima sms mencatat transaksi mengirimkan pesanan, membuat laporan bisa ditangani oleh software tersebut.

INTINYA : Server pulsa ini meringankan kerja jempol anda. Dan fungsi jempol diganti oleh Server ini. Coba anda bayangkan jika anda transaksi 500trx/hari aja. Sudah bisa dipastikan besoknya anda bakal opname karena jempolnya kriting

PROSES DETILNYA SEPERTI INI

  1. Konsumen membeli pulsa untuk nomor teleponnya dengan nominal yang di inginkan ke Counter seluler, Outlet, Kios Phone, Agen Penjual Langsung.

 

  1. Counter , Outlet, Kios Phone, Agen Penjual langsung meneruskan permintaan konsumen via SMS atau via Yahoo Messenger ke Center ( Inbox ) penerima Server Matrixpulsa.
  2. Server Matrixpulsa melakukan proses pengolahan data request ( permintaan pulsa ) yang diterima melalui Center ( Inbox ) data yang di proses tersebut adalah : Nama dan Nomor Telepone sudah terdaftar atau belum di Server.
  3. Format Pengisian Pulsa tersebut telah sesuai atau tidak dengan format yang telah di tetapkan di Server.
  4. Setelah proses verifikasi Nama, Nomor,Format perintah telah benar dan sesuai, maka server meneruskan Permintaan tersebut ke Operator atau Provider sesuai dengan nomor yang akan diisikan pulsa.
  5. Provider atau Operator seluler memproses dan mengisikan Pulsa sesuai dengan nomor dan nominal yang di minta.
  6. Dan setelah mengisikan Pulsa ke nomor yang di minta maka pihak Provider memberikan pemberitahuan bahwa nomor yang diminta telah Sukses di Isikan Pulsanya dan Serial Number ( SN ) sebagai bukti transaksi tersebut ke server.
  7. Server menerima pemberitahuan sukses tersebut dan memprosesnya dengan memotong deposit Counter, Outlet,Kios Phone, Agen Penjual sebesar harga jual yang telah ditetapkan untuk nominal yang telah sukses di isikan ke nomor tujuan yang di minta tersebut.

 

  1. Selanjutnya Server memberikan pemberitahuan bahwa nomor yang diminta telah sukses di isikan pulsanya sesuai dengan nominal yang telah di tentukan dan dimintakan, melalui Sender ( Outbox ) dari Server.
  2. Counter, Outlet,Kios Phone, Agen Penjual lengsung menerima pemberitahuan dari server tersebut.
  3. Demikian juga prosesnya jika Nomor yang diminta tidak dapat atau Gagal diisikan pulsanya.

Semua Proses dilakukan oleh Server dalam hitungan Detik dan secara Otomatis tanpa campur tangan dari Operator Server. Software bekerja secara :

  1. otomatis, yaitu jika penyedia deposit (misal A)kosong pindah ke penyedia deposit yang masih ada (misal B).
  2. simultan, yaitu bila A kosong, B kosong, lalu mencari ke C/D/E dan seterusnya.
  3. overlap, yaitu transaksi tidak menggunakan sistem antrian (queue), tapi bekerja secara langsung terus menerus dimana engine-engine yang ready/tidak sibuk.

About noppi

matrixpulsa Developer & CEO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *